Fungsi Kompresor AC dan Komponen Penting dalam Sistem AC

Komponen AC

Pada dasarnya, AC (Air Conditioner) adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengatur suhu udara dalam ruangan. Salah satu komponen yang sangat vital dalam sistem AC adalah kompresor AC.

Kompresor AC merupakan bagian penting dari sistem AC yang berfungsi untuk mengekstrak gas pendingin dari sistem AC dan menekannya menjadi cairan pendingin yang dapat digunakan kembali. Tentunya, jika kompresor AC tidak berfungsi dengan baik, maka sistem AC tidak dapat bekerja dengan optimal.

Selain kompresor, sistem AC juga terdiri dari beberapa komponen penting lainnya, seperti:

1. Kondensor

Kondensor adalah komponen yang berfungsi untuk mendinginkan gas pendingin menjadi cairan pendingin. Gas pendingin akan mengalir melalui pipa kondensor dan akan dipaksa untuk mengeluarkan panas sehingga menjadi cairan pendingin.

2. Evaporator

Evaporator berfungsi untuk mengubah cairan pendingin menjadi gas pendingin. Cairan pendingin memasuki evaporator dan akan menguap menjadi gas pendingin dengan bantuan suhu yang rendah.

3. Expansion Valve

Expansion valve atau katup ekspansi berfungsi untuk mengatur tekanan dan jumlah cairan pendingin yang beredar dalam sistem AC. Katup ekspansi akan memperkecil tekanan dan menyebabkan cairan pendingin menguap menjadi gas pendingin.

4. Filter dehidrasi

Filter dehidrasi berguna untuk membersihkan kotoran dan kotoran dalam cairan pendingin sebelum disirkulasikan kembali dalam sistem.

Pentingnya mengetahui fungsi dari masing-masing komponen dalam sistem AC adalah untuk memudahkan dalam pemeliharaan dan perbaikan jika terjadi masalah dalam sistem. Dalam penggunaan AC, diperlukan perawatan agar sistem AC terjaga dengan baik, termasuk dengan membersihkan komponen-komponen yang terdapat dalam sistem AC agar tidak terjadi kerusakan atau kerusakan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai fungsi kompresor AC dan beberapa komponen penting dalam sistem AC. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang menginginkan sistem AC agar tetap terjaga kinerjanya dan terhindar dari kerusakan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai AC, jangan ragu untuk menghubungi CV. Juna Tehnik Bersama di nomor 085604856093.

Post a Comment

Previous Post Next Post
INFO DAN PEMESANAN VIA WHATSAPP