Freon AC Habis ? Simak penjelasannya disini

Pengecekan Freon AC Habis


Freon adalah pendingin utama di dalam AC yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara di dalam ruangan dan mengeluarkannya ke luar ruangan. Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan freon AC cepat habis. Berikut adalah beberapa alasan mengapa freon AC cepat habis:

1. Kebocoran pada pipa AC

Pipa AC yang bocor bisa menjadi alasan mengapa freon cepat habis. Pipa yang tidak tertutup dengan baik dan memiliki cacat pada strukturnya bisa menjadi tempat keluarnya freon. Jika terdapat kebocoran, AC harus diisi kembali dengan freon yang baru. Sebaiknya panggil teknisi AC untuk memeriksa pipa AC dan memperbaiki kebocoran yang terjadi.

2. Overcharge freon

Banyak orang mengisi terlalu banyak freon ke dalam AC tanpa mengikuti petunjuk yang diberikan pada manual. Hal ini menyebabkan tekanan freon di dalam sistem menjadi terlalu tinggi, sehingga cepat habis. Pastikan Anda mengisi freon AC sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada manual atau gunakan jasa teknisi AC untuk mengisi freon.

3. Penguapan freon yang tidak normal

Penguapan freon yang berlebihan disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan suhu yang drastis dan kelembaban yang berlebihan. Jika freon berkonsentrasi rendah akibat penguapan yang berlebihan, maka AC akan berhenti bekerja dan pengisian freon perlu dilakukan kembali.

4. Kualitas freon yang buruk

Tidak semua freon memiliki kualitas yang sama dan dalam kondisi yang baik. Freon yang buruk bisa menyebabkan AC cepat habis dan sulit untuk menahan dingin. Sebaiknya gunakan freon dengan kualitas yang baik untuk memastikan AC bekerja dengan baik.

Berbagai faktor yang telah disebutkan di atas adalah alasan mengapa freon AC cepat habis. Pastikan Anda mengecek kondisi pipa AC yang terpasang, menggunakan teknisi AC yang berpengalaman dan mengisi freon sesuai dengan petunjuk pada manual. Sebaiknya juga periksa kualitas freon yang digunakan agar AC dapat bekerja lebih lama dan efektif. 

Jangan ragu untuk menghubungi CV. Juna Tehnik Bersama di nomor 0856-0485-6093 untuk bantuan teknisi AC yang berpengalaman untuk memeriksa dan memperbaiki kebocoran pipa AC Anda serta mengisi ulang freon jika kondisinya sudah habis.

Post a Comment

Previous Post Next Post
INFO DAN PEMESANAN VIA WHATSAPP